Wednesday, April 18, 2012

Desain Karakter 3D

1 komentar
      
         Perlu kita ketahui bahwa bagian kepala dari suatu karakter adalah yang terpenting, karena wajah adalah kendaraan yang amat penting untuk komunikasi dibantu oleh bagian tubuh lainnya. Untuk itu di dalam pembuatan desain karakter membutuhkan sebuah kreatifitas. Untuk proses mendesain selain dengan menggambar sketsa, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan yaitu: penjiwaan karakter, akting, daya tarik, ciri khas aktribut, busana dan sifat-sifat lainya. Untuk mendesain karakter biasanya para animator memiliki cara yang berbeda-beda. Bisa dengan sketsa terlebih dahulu, terus membuat dengan patung tanah liat (clay) dan ada yang membuat karakter langsung menggunakan komputer. Banyak cara yang digunakan, tetapi sebaiknya gunakan cara yang umum yang lebih mudah. Cara yang umum digunakan adalah dengan membuat sketsa 2 dimensi terlebih dahulu, dari sketsa tampak depan dan samping sebagai acuan dalam proses modeling di program 3D. Berikut ini contoh sekilas proses pemodelan karakter 3D dalam program 3dsmax:


  

  final rendering modelling karakter 3D 




 sketsa karakter tampak depan



   sketsa karakter tampak samping


sketsa karakter perspektif

modelling karakter front

 modelling karakter side

 boning karakter (biped)


  boning karakter pose animation


         Desain karakter disesuaikan dengan tingkat kebutuhan audience. Misalnya karakter akan digunakan untuk film anak-anak sebaiknya karakter desain terlihat lucu, unik dan mudah dipahami anak-anak atau bersifat kartunal. Untuk referensi gaya visual atau style bisa kita cari di internet, komik-komik atau melihat film-film animasi yang sudah ada, kemudian kita kreasikan sendiri dalam desain 3D yang kita buat. Dalam proses modelling atau pengolahan dari desain karakter 2D menjadi 3D terkandang akan menemui beberapa kendala seperti hasil dari modelling 3D tidak sesuai dengan sketsa awal yang telah dibuat sebelumnya. Dan hal ini membutuhkan proses pengolahan lagi hingga tercapai model 3D yang diinginkan. Dan sebagai tambahan aja, untuk mempermudah modelling sebisa mungkin buatlah beberapa alternatif beberapa pose karakter dari beberapa sudut berbeda. Selain tampak depan dan samping berikan beberapa contoh model perspektifnya. mengingat hasil final yang akan kita presentasikan nanti bersifat 3Dimensional.

1 komentar:

shanthi said...

Nice post. Thank you for sharing.
ANIMALS

Recent Comment