Wednesday, April 18, 2012

Tutorial Membuat Karakter 3D Berjalan loop Dengan Biped

2 komentar

Banyak cara praktis atau instant yang digunakan para animator dalam membuat animasi karakter berjalan. Seperti dengan mengandalkan preset gerakan animasi bawaan dari plugin bone cat misalnya, dengan tehnik motion capture, atau bahkan dalam program 3dsmax pada fasilitas Create Multiple Footsteps : Walk hanya dengan mengetikan langkah yang diinginkan character biped sudah bisa berjalan secara otomatis.

Namun demikian mereka karena terbiasa mengandalkan preset terkadang menemukan kesusahan dalam membuat gerakan secara manual. Dan perlu kita ketahui bahwa cara berjalan karakter tak selamanya mengikuti preset. Karena style cara berjalan mereka berbeda-beda  sesuai dengan figure, sosok, atau sifat dari karakter itu sendiri dalam menjiwai perannya.

Dalam hal ini saya hanya mengajarkan contoh dasar gerakan berjalan ditempat dengan biped  atau tulang  karakter yang sudah tersedia di 3dsmax. Jadi bila anda sudah terbiasa belajar membuat secara manual, dengan harapan untuk progres selanjutnya atau tingkat advance mungkin biasa anda kembangkan sendiri dengan style yang berbeda sesuai dengan sifat tokoh karakter yang anda buat, misalnya dengan proporsi tubuh yang gendut besar, kurus, tinggi jangkung, pendek, kecil dsb.


Aktifkan Time Configuration ubah settingannya menjadi seperti berikut :

 


Aktifkan tombol auto key     atau tekan (N). Lakukan pergeseran pada time slider ubah dan ikuti gerakan seperti pada contoh berikut ini:





1.  Frame 0


 
 
 2.  Frame 7


  3.  Frame 11 ( hanya Bip01 L Foot )



  4.  Frame 14



   5.  Frame 21



    6.  Frame 26 ( hanya Bip01 R Foot )


      
     7.  Frame 30 (pose sama persis dengan frame 0)



Preview Animation Walk Loop




Selamat Mencoba. Salam

Link Tutorial
http://joe-max.blogspot.com/2012/04/tutorial-membuat-karakter-3d-berjalan.html

Johan Tri Rozah Syah (penulis JOE-MAX)
Tutorial / Artikel ini resmi diberikan untuk dipublikasikan di  http://www.joe-max.blogspot.com
Lisensi Tutorial ( Johan Tri Rozah Syah , JOE-MAX )
Supported by JOE-MAX
Semoga Bermanfaat
Terima kasih


2 komentar:

andri said...

mantap mas.. oia saya mau bertanya, bagaimana proses menyatukan biped dengan character 3d model. mohon tips-nya agar hasilnya sempurna. terima kasih mas bro

shanthi said...

Nice post. Thank you for sharing the imformation.
ANIMALS

Recent Comment